INVESTIGATIF

Investigatif adalah sebuah berita yang berusaha untuk mengungkapkan kebenaran dari fakta – fakta yang ada ke masyarakat luas. Dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih waspada dan berhati – hati. Biasanya untuk mendapatkan berita investigatif, para pemburu berita harus melakukan secara diam – diam namun tidak melupakan dari kode etik pers. penyelidikan dilakukan agar bisa mendapatkan berita yang akurat, tepat dan terpercaya tanpa dimanipulasi isi dari berita tersebut.

berikut adalah contoh dari berita investigatif!

“BAKSO DARI BORAKS”

Bagi para penggemar bakso, akhir – akhir ini harus waspada. Sebab, telah beredar lagi bakso yang dibuat dengan memakai boraks. Pernah sebelumnya, bakso dengan boraks telah beredar dan sempat mereda lagi beritanya karena penyakit virus H5N1 (flu babi). Namun, akhir – akhir ini isu mengenai bakso boraks mulai berkembang lagi di masyarakat. Semula para masyarakat tidak mengetahui bahwa bakso telah menjadi sasaran para oknum yang tak bertanggung jawab dalam mencari keuntungan yang besar. Yakni dengan mencampurkan boraks ke dalam pembuatan bakso, yang bertujuan untuk memberi rasa kenyal kepada bakso dan agar dapat tahan lama.

Diketahui alasan sebenarnya kenapa para oknum tersebut melakukan hal tersebut dikarenakan harga daging sapi dan bahan – bahan pembuat bakso lainnya mulai menanjak naik. Karena tidak mau rugi terus – menerus, maka para oknum nakal tersebut mulai mencari cara agar usaha bakso mereka tidak gulung tikar. Namun, cara lain yang mereka tempuh merupakan cara yang tidak benar. Mereka berpikir dengan membeli boraks dapat menghemat beberapa rupiah dari bahan – bahan pembuatan bakso yang dibeli. Sangatlah mudah membuat bakso dari boraks tersebut, dengan mencampurkan adonan bakso dengan boraks yang ditaburkan di atas adonan tersebut tanpa memperhatikan takaran yang dipakai alias takaran asal. Setelah itu, bakso mulai di buat dari adonan yang telah bercampur dengan boraks dan di rebus hingga matang.

Memang sangat disayangkan hal – hal seperti ini selalu dapat terjadi di negeri kita. Ketika harga bahan – bahan pokok mulai meningkat, maka kesempatan ini mulai dimanfaatkan oleh mereka yang tak bertanggung jawab sehingga bisa meraup keuntungan yang sangat besar. Walaupun beberapa dari mereka telah ditangkap oleh pihak yang berwajib, mereka tetap tidak jera dan melakukannya kembali. Tapi, jangan cemas sebagai pembeli yang cerdas kita tetap harus waspada. Karena bakso boraks dapat dikenali dengan cara mudah, yang pertama bila ditekan bakso boraks akan terasa kenyal sedangkan bakso yang asli akan mudah hancur ketika ditekan – tekan. Kedua, bila bakso yang mengandung boraks tidak akan disentuh sedikit pun oleh kucing sedangkan bakso yang asli akan langsung dimakan oleh kucing sebab tercium bau daging sapi serta adonannya yang tidak dicampur dengan apapun. Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat. Dan jangan takut untuk memakan bakso, karena pastinya masih ada para pedagang yang jujur. Sebab mereka lebih mementingkan kualitas terbaik dengan keuntungan yang sesuai daripada keuntungan besar namun dengan kualitas buruk.

TIYA RAHMAWATI
3 SA 04
17612418
JURNALISTIK

Tinggalkan komentar